Langsung ke konten utama

Cara menjalankan aplikasi windows di linux ubuntu

Linux adalah sistem operasi open source sebagai alternatif sistem operasi windows dengan adanya linux kita bisa menginstal berbagai macam aplikasi linux sebagai aplikasi alternatif aplikasi windows, banyak sekali aplikasi alternatif gratis di linux seperti Coreldraw di linux kita bisa menggunakan inkscape, photoshop di linux kita bisa menggunakan aplikasi gimp, microsoft office dilinux bisa menggunakan openOffice dan lain sebagainya.

Tetapi apabila kita ada sebuah aplikasi windows yang ingin dijalankan di sistem operasi linux ubuntu bukan tidak mungkin untuk bisa dijalankan di linux sebagai tambahan kita harus menginstall aplikasi tambahan sebagai portal atau sebagai aplikasi untuk menjalankan aplikasi windows yaitu salah satunya dengan menggunakan aplikasi wine dan PlayOnLinux dua aplikasi ini fungsinya sama.

Berdasarkan pengalaman saya apabila kita install Wine saja maka PlayOnlinux tidak akan terinstal namun sebaliknya jika kita install aplikasi PlayOnLinux maka aplikasi wine akan terinstal juga. Tapi terserah kita mau instal yang mana karena keduanya fungsinya sama.


Cara menjalankan aplikasi windows di linux ubuntu dengan menggunakan wine :

1. Internet harus sudah konek.
2. Buka terminal dengan tekan CTRL + Alt + T kemudian ketikan command dibawah ini :
sudo apt-get install wine
install wine di linux ubuntu

3. Ikuti intruksi yang diberikan dan setelah selesai install wine maka aplikasi windows pun sudah bisa di jalankan dengan cara klik dua kali di aplikasi windows atau klik kanan pada mouse dan pilih buka dengan Open with wine windows program loader.
4. Atau kita bisa melihat download aplikasi wine secara manual di WINEHQ

Untuk membuka folder wine yang ada di explorer :
1. Buka file manager atau explorer linux ubuntu
2. Klik  Tab view yang ada di sebelah kiri atas dan pilih Show Hidden Files
3. Cari folder wine dengan nama diawali dengan titik ".wine" tanda titik tersebut menandakan bahwa folder tersebut di hidden, untuk supaya folder wine tersebut tidak di hidden atau tersembunyi maka tanda titik nya harus di hilangkan.

Cara menjalankan aplikasi windows dengan playonlinux :

1. Buka ubuntu software center.
2. Ketikan PlayOnlinux

install playonlinux linux ubuntu

3. Klik tombol install dan tunggu hingga selesai setelah selesai coba buka aplikasi windows dan semoga sudah bisa dijalankan.
4. Untuk install PlayOnLinux secara manual bisa dilihat di PlayOnLinux.

Tips diatas adalah untuk hampir sistem operasi linux untuk menjalankan apilkasi windows adalah dengan menggunakan aplikasi wine ataupun PlayOnLinux.
Jika misalkan ada aplikasi windows yang tidak bisa dijalankan setelah install Wine ataupun PlayOnlinux maka itu ada tambahan aplikasi yang harus di install seperti netframework, dxdiag dan lain sebagainya.

Cara install aplikasi tambahan di wine :

1. Buka winetricks di Aplikasi linux
2. Jika winetricks sudah terbuka pilih yang "Select the default winetricks" kemudian pilih "install a windows dll or component" setelah terbuka pilih aplikasi seperti netframework, dxdiag yang ada disitu untuk di install.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan CHAP dan PAP

Pada saat kita membuka pengaturan pada modem mungkin menemukan CHAP dengan PAP, lalu apa perbedaannya? Apa CHAP dan PAP tersebut mempengaruhi koneksi kita? Apa kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah penjelsannya tentang masing-masing tersebut 1. CHAP Challenge Handshake Authentication Protocol (CHAP) merupakan salah satu protokol Point -to-Point yang menyediakan layanan otentikasi dengan menggunakan suatu identifier yang berubah-ubah dan suatu variabel challenge. CHAP digunakan secara periodik untuk memverifikasi pengguna atau host network menggunakan suatu metode yang dinamakan 3-way handshake . Proses ini dilakukan selama inisialisasi link establishment. Dan sewaktu-waktu bisa saja diulang setelah hubungan telah terbentuk. Berikut di bawah ini proses yang terjadi pada protokol CHAP : Setelah fase link establishment selesai, otentikator mengirimkan sebuah pesan challenge ke peer atau pasangan usernya. Peer meresponnya dengan menghitung suatu

Mengenal PIN dan PUK 1 ataupun 2

  Mungkin diantara anda ada yang sudah mengenal apa yang dimaksud dengan PIN, PIN2, dan PUK. Ya, adalah berupa digit angka yang berhubungan dengan keamanan dalam hal ini berhubungan dengan ponsel.  Biasanya anda diminta konfirmasai untuk PIN yang anda buat dengan memasukkan kembali berikutnya untuk memastikan kebenarannya. Arti dari ketiga istilah tersebut adalah sbb: PIN (Personal Identity Number) adalah 4-8 digit kode akses yang dapat digunakan untuk mengamankan telepon Anda dari penggunaan. PIN2 (Personal Identity Number 2) adalah 4-8 digit kode akses yang dapat digunakan untuk mengakses memori prioritas nomor dan biaya panggilan. PUK (Personal Unblocking Key) dan PUK2 digunakan untuk membuka PIN dan PIN 2 kode masing-masing jika kartu SIM Anda diblokir. Ketika anda mengaktifkan PIN, maka ponsel anda aman dari tangan lain -selama hanya anda yang tahu nomor PIN anda. Ketika anda ingin mengaktifkan fitur layanan di ponsel anda, maka anda menggunakan PIN2 untuk

Kelebihan dan Kekurangan Bluetooth

  Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group. Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 Ghz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas.Kelemahan teknologi ini adalah jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah. Kelebihan Bluetooth: -Bluetooth dapat menembus dinding, kotak, dan berbagai rintangan lain walaupun jarak transmisinya hanya sekitar 30 kaki atau 10 meter. -Bluetooth tidak memerlukan kabel ataupun kawat. -Bluetooth dapat mensinkronisasi basis data dari telepon genggam ke komputer. -Dapat digunakan sebaga