Langsung ke konten utama

Windows 98

Windows 98
Bagian dari keluarga Microsoft Windows
Windows 98 logo.svg
Windows98.png
Screenshot of Windows 98
Pengembang
Microsoft
Releases
Versi awal RTM: May 15, 1998
Retail: June 25, 1998; 15 tahun yang lalu [info]
Versi terkini First edition:
4.1 (Build 2000: Service Pack 1)
(25 Juni 1998; 15 tahun yang lalu)
Second Edition:
4.1 (Build 2222 A)
(5 Mei 1999; 14 tahun yang lalu) [info]
Model sumber Closed source
Lisensi Microsoft EULA
Kernel Monolithic kernel
Didahului Windows 95
Digantikan Windows Me
Status dukungan
Tidak di dukung lagi sejak 11 juli 2006
Screenshot desktop Windows 98 yang umum.
Tab DeskBar Options di jendela Taskbar Properties Windows 98 Beta.
 
Windows 98 adalah sistem operasi Windows yang dikeluarkan Microsoft pada 25 Juni 1998. Windows 98 merupakan pengembangan dari Windows 95, dan kemudian diteruskan oleh Windows Me. Masa dukungan penuhnya berakhir tanggal 11 Juli 2006.

Windows 98 First Edition

Windows 98 adalah penerus dari Windows 95, dengan tambahan dukungan AGP, USB, Plug and Play yang lebih baik, sistem berkas FAT32 dan Internet Explorer versi 4.0. Windows 98 adalah upgrade dari Windows 95. Seperti yang dideskripsikan sebagai sistem operasi, “Works Better, Plays Better,” Windows 98 adalah versi windows pertama yang di desain secara spesifik untuk konsumen.

Windows 98SE

Windows 98SE menambahkan dukungan pada Internet Explorer 5, NAT untuk berbagi koneksi Internet, Digital Versatile Disk (DVD), Windows Driver Model (WDM) yang menggantikan model Virtual Device Driver (VxD) serta Windows NetMeeting 3. Sistem ini menganut prinsip hibrida dengan dukungan kernel 16-bit/32-bit, dan masuk pada famili Windows 9x.

Fitur tersembunyi Deskbar Options pada Windows 98 Beta

Tab DeskBar Options di jendela Taskbar Properties Windows 98 Beta.
"Deskbar" adalah sebuah fitur menarik yang direncanakan oleh Microsoft untuk memperkenalkan Windows 98. Dengan bantuan fitur ini, pengguna Windows 98 bisa mengunduh bilah alat Desktop (Deskbars) dari situs-situs favorit mereka. Bilah alat mini bisa memperbarui diri secara otomatis berdasarkan pada interval waktu yang telah ditetapkan dan dapat memberikan informasi terbaru dari situs web sehingga pengguna tidak perlu mengunjungi situs-situs di peramban web.
Microsoft menerapkan fitur ini pada Windows 98 beta membangun dan berpikir bahwa webmaster akan mengembangkan bilah alat tersebut untuk situs web mereka, tetapi webmaster tidak menyukai gagasan ini. Ide ini akan merugikan kedua pemilik situs web serta pengiklan karena jika pengguna mendapatkan artikel terbaru, informasi berita langsung dari Desktop mereka, mengapa mereka mengunjungi situs yang sebenarnya? Ini bisa menurunkan kedua tampilan halaman website dan tampilan iklan.
Karena ide itu tidak berjalan seperti yang direncanakan, Microsoft memutuskan untuk menghapus fitur ini dari Windows 98 versi RTM. Mereka memutuskan untuk menyembunyikan tab dan itulah sebabnya tab ini tidak fungsional karena kode yang diperlukan untuk menghubungkan fungsi tab ini dengan bilah alat Desktop tidak hadir pada Windows 98.
Anda dapat menemukan tab tersebut dengan menekan terus tombol "Ctrl" sambil membuka Taskbar Properties, dan Anda menemukan opsi "Deskbar Options" pada jendela Taskbar Properties, namun sayangnya tab ini jarang digunakan. Segala sesuatu di tab itu berwarna abu-abu. Ada 3 tombol yang diberikan pada tab: Tambah, Hapus dan Properti tetapi semua 3 tombol yang dinonaktifkan. Sebuah wilayah daftar besar juga hadir tapi itu tidak mengandung apapun di dalamnya. Jadi pada dasarnya seluruh tab "Deskbar Options" bekerja seperti tab boneka. Itu tidak berfungsi sama sekali.

Persyaratan perangkat keras

Persyaratan sistem untuk Windows 98 termasuk:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan CHAP dan PAP

Pada saat kita membuka pengaturan pada modem mungkin menemukan CHAP dengan PAP, lalu apa perbedaannya? Apa CHAP dan PAP tersebut mempengaruhi koneksi kita? Apa kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah penjelsannya tentang masing-masing tersebut 1. CHAP Challenge Handshake Authentication Protocol (CHAP) merupakan salah satu protokol Point -to-Point yang menyediakan layanan otentikasi dengan menggunakan suatu identifier yang berubah-ubah dan suatu variabel challenge. CHAP digunakan secara periodik untuk memverifikasi pengguna atau host network menggunakan suatu metode yang dinamakan 3-way handshake . Proses ini dilakukan selama inisialisasi link establishment. Dan sewaktu-waktu bisa saja diulang setelah hubungan telah terbentuk. Berikut di bawah ini proses yang terjadi pada protokol CHAP : Setelah fase link establishment selesai, otentikator mengirimkan sebuah pesan challenge ke peer atau pasangan usernya. Peer meresponnya dengan menghitung suatu

Mengenal PIN dan PUK 1 ataupun 2

  Mungkin diantara anda ada yang sudah mengenal apa yang dimaksud dengan PIN, PIN2, dan PUK. Ya, adalah berupa digit angka yang berhubungan dengan keamanan dalam hal ini berhubungan dengan ponsel.  Biasanya anda diminta konfirmasai untuk PIN yang anda buat dengan memasukkan kembali berikutnya untuk memastikan kebenarannya. Arti dari ketiga istilah tersebut adalah sbb: PIN (Personal Identity Number) adalah 4-8 digit kode akses yang dapat digunakan untuk mengamankan telepon Anda dari penggunaan. PIN2 (Personal Identity Number 2) adalah 4-8 digit kode akses yang dapat digunakan untuk mengakses memori prioritas nomor dan biaya panggilan. PUK (Personal Unblocking Key) dan PUK2 digunakan untuk membuka PIN dan PIN 2 kode masing-masing jika kartu SIM Anda diblokir. Ketika anda mengaktifkan PIN, maka ponsel anda aman dari tangan lain -selama hanya anda yang tahu nomor PIN anda. Ketika anda ingin mengaktifkan fitur layanan di ponsel anda, maka anda menggunakan PIN2 untuk

Kelebihan dan Kekurangan Bluetooth

  Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group. Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 Ghz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas.Kelemahan teknologi ini adalah jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah. Kelebihan Bluetooth: -Bluetooth dapat menembus dinding, kotak, dan berbagai rintangan lain walaupun jarak transmisinya hanya sekitar 30 kaki atau 10 meter. -Bluetooth tidak memerlukan kabel ataupun kawat. -Bluetooth dapat mensinkronisasi basis data dari telepon genggam ke komputer. -Dapat digunakan sebaga