Langsung ke konten utama

Mematikan Automatic Update Windows10


Windows 10 dengan segudang fitur barunya memang sangat keren, tetapi di satu sisi OS ini juga mimpi buruk bagi kamu yang memiliki kuota internet pas-pasan. Hal ini karena fitur Automatic Update di Windows 10 secara default tidak bisa dimatikan, khususnya di Windows 10 Home.
Untuk itu  memberikan cara mematikan Automatic Update Windows 10.
Tentu saja ini tidak kita rekomendasikan bagi kamu yang kuota internetnya unlimited, karena update dari Microsoft cukup penting (kadang perbaikan bugs, peningkatan fungsionalitas fitur, atau patch security).

#1 — Menggunakan Defer Upgrade

Pertama khusus bagi kamu pengguna Windows 10 Pro, kamu bisa mematikan automatic update secara halus melalui opsi Defer Upgrade.
Defer Upgrade artinya meminta Windows 10 untuk tidak mendownload dan menginstall update dalam jangka waktu hingga maksimal 8 bulan.
Kelebihan Defer Upgrade, kamu bakal tetap akan mendapatkan patch security sehingga Windows 10 kamu tetap aman, tetapi untuk update berupa fitur baru dan peningkatan fitur bakal tidak didownload sehingga kuota kamu bisa lebih hemat.
Nantinya kamu tinggal matikan Defer Upgrade dan melakukan Check Updates begitu terhubung dengan koneksi berkuota melimpah. Simple sekali khan?
Untuk mengaktifkan Defer Upgrade, buka Windows Update > Advanced Options
5 Cara Mematikan Automatic Update di Windows 10 Secara Paksa (Demi Menghemat Kuota Internet) — Tips #15

Setelah itu tinggal centang aja Defer Upgrade.

Tetapi ingat, opsi ini hanya ada di Windows 10 Pro saja. Bagi kamu pengguna Windows 10 Home tidak bisa melakukan cara halus ini.

#2 — Menggunakan Metered Connection

Cara halus lainnya adalah mengatur koneksi sebagai metered connection, dengan begitu Windows tidak akan mendownload update sampai kamu terhubung ke koneksi yang non-metered.
Namun cara ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna Windows 10 yang menggunakan koneksi WiFi atau Mobile Broadband.
Untuk melakukannya cukup buka Settings dengan menekan CTRL + I > Network & Internet


Setelah itu pilih koneksi WiFi atau Mobile Broadband kamu > Advanced Options > dan akutfkan opsi Set as metered connection.



#3 — Mematikan Services Windows Update

Dengan cara ini Windows Update akan mati total, termasuk juga update untuk patch security. Jadi pastikan jika kamu menggunakan cara ini, begitu terhubung ke internet dengan kuota melimpah segera lakukan update agar Windows kamu tetap secure dan optimal.
Untuk mematikan automatic update di Windows 10 dengan cara mematikan services nya, langsung saja buka Services.


Setelah itu cari Windos Update > Klik kanan > Properties


Setelah itu Stop Windows Update Services tersebut dan ubah opsi Startup type ke Disabled.


NB: Mematikan Windows Update Services bisa membuat kamu tidak bisa menggunakan Store dan tidak bisa mendownload Modern Apps. Resiko ditanggung penumpang.

#4 — Modifikasi Melalui Group Policy

Cara ini hanya bisa dilakukan oleh pengguna Windows 10 Pro yang memiliki akses terhadap Group Policy. Cukup buka Run dengan Win + R > ketikkan gpedit.msc > Enter


Browse ke Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Update.
Lalu klik kanan Configure Automatic Update > Edit


Setelah itu pilih opsi Enabled dan ubah automatic updating configuration ke Notify for download and notify for install > OK dan Apply
5 Cara Mematikan Automatic Update di Windows 10 Secara Paksa (Demi Menghemat Kuota Internet) — Tips #15


Dengan begitu jika ada update yang dirilis, Windows 10 tidak akan langsung download, melainkan akan memberi notifikasi terlebih dahulu.

#5 — Melalui Command PowerShell

Sebenarnya ini merupakan shortcut dari cara paksa #3, hanya saja kita buat dalam bentuk powershell command agar kamu bisa mengaksesnya dengan lebih cepat.
Untuk mematikan Windows Update service, cukup buka PowerShell dan eksekusi command berikut ini:
stop-service wuauserv
set-service wuauserv –startup disabled
Untuk memastikan services sudah benar-benar mati, periksa dengan command ini.
get-wmiobject win32_service –filter “name=’wuauserv'”
Jika sudah mati maka StartMode nya adalah Disabled dan State nya Stopped.
Untuk menghidupkan Windows Update service lagi, cukup eksekusi command ini
set-service wuauserv –startup manual
start-service wuauserv

Bonus: Mengembalikan Settings Windows Update Lama

Tips ini merupakan tambahan dari techten128 melalui kolom komentar. Dengan oprek registry ini kamu bakal bisa mengembalikan settings Windows Update lama, sehingga bisa mematikan fitur automatic update di Windows 10.
  • Buka Registry Editor dengan Win + R > ketik regedit > Enter
  • Browse ke key HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Policies\Microsoft\Windows
  • Di key Windows, klik kanan > New > Key > beri nama WindowsUpdate
  • Di key WindowsUpdate, lakukan lagi klik kanan > New > Key > beri nama AU
  • Klik kanan di key AU yang dibuat tadi, buat DWORD value dengan nama NoAutoUpdate
  • Klik dua kali di key NoAutoUpdate, set menjadi 1. Klik OK.
  • Tutup Registry Editor. Buka Settings > Update & security > Windows Update, klik check for updates agar perubahan registry tadi bisa langsung diterapkan.
Kalo berhasil, nanti seperti gambar ini:


Penting..!

Perlu diingat bahwa Microsoft kini menempatkan Windows 10 sebagai layanan dan bukan software lagi. Artinya Microsoft bakal rutin merilis update dan fitur baru begitu update tersebut tersedia. Untuk menginstall update terbaru, Windows 10 juga bakal memerlukan update-update sebelumnya. Untuk itu jika memang tidak karena terpaksa (kuota yang memang sangat terbatas), maka sebaiknya jangan matikan Automatic Update Windows 10 ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan CHAP dan PAP

Pada saat kita membuka pengaturan pada modem mungkin menemukan CHAP dengan PAP, lalu apa perbedaannya? Apa CHAP dan PAP tersebut mempengaruhi koneksi kita? Apa kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah penjelsannya tentang masing-masing tersebut 1. CHAP Challenge Handshake Authentication Protocol (CHAP) merupakan salah satu protokol Point -to-Point yang menyediakan layanan otentikasi dengan menggunakan suatu identifier yang berubah-ubah dan suatu variabel challenge. CHAP digunakan secara periodik untuk memverifikasi pengguna atau host network menggunakan suatu metode yang dinamakan 3-way handshake . Proses ini dilakukan selama inisialisasi link establishment. Dan sewaktu-waktu bisa saja diulang setelah hubungan telah terbentuk. Berikut di bawah ini proses yang terjadi pada protokol CHAP : Setelah fase link establishment selesai, otentikator mengirimkan sebuah pesan challenge ke peer atau pasangan usernya. Peer meresponnya dengan menghitung suatu

Mengenal PIN dan PUK 1 ataupun 2

  Mungkin diantara anda ada yang sudah mengenal apa yang dimaksud dengan PIN, PIN2, dan PUK. Ya, adalah berupa digit angka yang berhubungan dengan keamanan dalam hal ini berhubungan dengan ponsel.  Biasanya anda diminta konfirmasai untuk PIN yang anda buat dengan memasukkan kembali berikutnya untuk memastikan kebenarannya. Arti dari ketiga istilah tersebut adalah sbb: PIN (Personal Identity Number) adalah 4-8 digit kode akses yang dapat digunakan untuk mengamankan telepon Anda dari penggunaan. PIN2 (Personal Identity Number 2) adalah 4-8 digit kode akses yang dapat digunakan untuk mengakses memori prioritas nomor dan biaya panggilan. PUK (Personal Unblocking Key) dan PUK2 digunakan untuk membuka PIN dan PIN 2 kode masing-masing jika kartu SIM Anda diblokir. Ketika anda mengaktifkan PIN, maka ponsel anda aman dari tangan lain -selama hanya anda yang tahu nomor PIN anda. Ketika anda ingin mengaktifkan fitur layanan di ponsel anda, maka anda menggunakan PIN2 untuk

Kelebihan dan Kekurangan Bluetooth

  Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group. Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 Ghz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas.Kelemahan teknologi ini adalah jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah. Kelebihan Bluetooth: -Bluetooth dapat menembus dinding, kotak, dan berbagai rintangan lain walaupun jarak transmisinya hanya sekitar 30 kaki atau 10 meter. -Bluetooth tidak memerlukan kabel ataupun kawat. -Bluetooth dapat mensinkronisasi basis data dari telepon genggam ke komputer. -Dapat digunakan sebaga