Langsung ke konten utama

7-Zip

 http://www.7-zip.org/7ziplogo.png
Anda pengguna Winzip atau WinRAR? apakah Aplikasi teresbut selalu meminta serial dan aktifasi? Daripada untuk membeli lisensi aplikasi tersebut atau bahkan melakukan yang lebih buruk lagi yaitu menggunakan serial yang jelas-jelas melanggar lisensi, dan ketentuan tertentu dan HAKI.. mending gunakan saja yang Gratis.. Apalagi yang gratis ini mempunyai daya kompresi yang cukup tinggi dibandingkan menggunakan .zip, dan .rar. yaitu aplikasi yang bernama 7-Zip yang di buat oleh Igor Pavlov yaitu seorang programer dari Rusia yang membuat aplikasi muthakhir, mudah nan Gratis ini.

7-Zip
7Zip merupakan aplikasi open source(sumber terbuka). Sebagian besar kode program berada di bawah Lisensi GNU LGPL. 7Zip dengan fitur-fitur utama yaitu diantaranya:
  • Rasio kompresi tinggi pada format .7z dengan kompresi LZMA dan LZMA2.
  • Format yang didukung:
    • Kompres/ekstrak: 7z, XZ, BZIP2, GZIP, TAR, ZIP dan WIM
    • Hanya ekstrak: ARJ, CAB, CHM, CPIO, CramFS, DEB, DMG, FAT, HFS, ISO, LZH, LZMA, MBR, MSI, NSIS, NTFS, RAR, RPM, SquashFS, UDF, VHD, WIM, XAR dan Z.
  • Untuk format ZIP dan GZIP, 7-Zip menyediakan rasio kompresi yang lebih baik 2-10 % dibanding rasio yang digunakan oleh PKZip dan WinZip
  • Enkripsi AES-256 yang kuat pada format 7z dan ZIP
  • Kemampuan self-extracting (otomatis terekstrak) pada format 7z
  • Integrasi dengan Windows Shell
  • Pengelolaan berkas (File Manager) yang andal
  • Versi command line yang andal
  • Plugin untuk FAR Manager
  • Tersedia dalam 87 bahasa
Dan Ekstensi .7z dengan kelebihan dan fitur :
  • Arsitektur terbuka,
  • Rasio kompresi tinggi sehingga file bisa lebih kecil dari kompresi lain,
  • Enkripsi AES-256 yang kuat untuk keamanan sandi,
  • Kemampuan menggunakan metode kompresi, konversi atau enkripsi lain,
  • Mendukung berkas hingga ukuran 16.000.000.000 GB(16 EB),
  • Nama berkas Unicode,
  • Kompresi yang solid, dan
  • Kompresi header arsip.
Kelebihan rasio Kompresi 7zip sebagai berikut:
Dengan Berkas yang dikompresi seperti berikut: Mozilla Firefox 34.0.5 untuk sistem operasi Windows dan Google Earth 6.2.2.6613 untuk sistem operasi Windows.
Pengarsip Mozilla Firefox Google Earth
65 berkas
85 280 391 bita
483 berkas
110 700 519 bita
Ukuran terkompres Rasio Ukuran terkompres Rasio
7-Zip 9.35
-mx
39 357 375 100% 15 964 369 100%
WinRAR 5.20
-m5 -s -ma5 -md128m
41 789 543 106% 17 035 432 107%
Hasil rasio kompresi sangat bergantung pada data yang digunakan dalam pengujian. Biasanya, 7-Zip mengkompres menjadi format 7z lebih baik 30-70% dibanding format zip. Dan 7-Zip mengkompres menjadi format zip lebih baik 2-10% dibanding kebanyakan program zip lainnya.

Dengan demikian kelebihan dan fitur-fitur yang dimiliki 7Zip, maka tidak salah lagi 7Zip merupakan salah satu Aplikasi Utilitas untuk kompresi terbaik dan Gratis! Jadi? Say hello To Open source? Why Not?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan CHAP dan PAP

Pada saat kita membuka pengaturan pada modem mungkin menemukan CHAP dengan PAP, lalu apa perbedaannya? Apa CHAP dan PAP tersebut mempengaruhi koneksi kita? Apa kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah penjelsannya tentang masing-masing tersebut 1. CHAP Challenge Handshake Authentication Protocol (CHAP) merupakan salah satu protokol Point -to-Point yang menyediakan layanan otentikasi dengan menggunakan suatu identifier yang berubah-ubah dan suatu variabel challenge. CHAP digunakan secara periodik untuk memverifikasi pengguna atau host network menggunakan suatu metode yang dinamakan 3-way handshake . Proses ini dilakukan selama inisialisasi link establishment. Dan sewaktu-waktu bisa saja diulang setelah hubungan telah terbentuk. Berikut di bawah ini proses yang terjadi pada protokol CHAP : Setelah fase link establishment selesai, otentikator mengirimkan sebuah pesan challenge ke peer atau pasangan usernya. Peer meresponnya dengan menghitung suatu

Mengenal PIN dan PUK 1 ataupun 2

  Mungkin diantara anda ada yang sudah mengenal apa yang dimaksud dengan PIN, PIN2, dan PUK. Ya, adalah berupa digit angka yang berhubungan dengan keamanan dalam hal ini berhubungan dengan ponsel.  Biasanya anda diminta konfirmasai untuk PIN yang anda buat dengan memasukkan kembali berikutnya untuk memastikan kebenarannya. Arti dari ketiga istilah tersebut adalah sbb: PIN (Personal Identity Number) adalah 4-8 digit kode akses yang dapat digunakan untuk mengamankan telepon Anda dari penggunaan. PIN2 (Personal Identity Number 2) adalah 4-8 digit kode akses yang dapat digunakan untuk mengakses memori prioritas nomor dan biaya panggilan. PUK (Personal Unblocking Key) dan PUK2 digunakan untuk membuka PIN dan PIN 2 kode masing-masing jika kartu SIM Anda diblokir. Ketika anda mengaktifkan PIN, maka ponsel anda aman dari tangan lain -selama hanya anda yang tahu nomor PIN anda. Ketika anda ingin mengaktifkan fitur layanan di ponsel anda, maka anda menggunakan PIN2 untuk

Kelebihan dan Kekurangan Bluetooth

  Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group. Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 Ghz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas.Kelemahan teknologi ini adalah jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah. Kelebihan Bluetooth: -Bluetooth dapat menembus dinding, kotak, dan berbagai rintangan lain walaupun jarak transmisinya hanya sekitar 30 kaki atau 10 meter. -Bluetooth tidak memerlukan kabel ataupun kawat. -Bluetooth dapat mensinkronisasi basis data dari telepon genggam ke komputer. -Dapat digunakan sebaga